Cara membuat sate enak di rumah saja

Cara membuat sate enak

Indonesia memiliki kekhasan di bidang manapun termasuk dalam kuliner, Nah kali ini yuk membuat sate, dan biasanya telinga kita akrab banget dengan makanan satu ini. Sebut saja sate madura, sate padang, sate tegal, sate maranggi, sate temanggung, sate ponorogo. namun Sate madura memiliki potongan daging ayam lebih kecil dari pada ukuran sate lainnya, bagi saya jelas kurang menggigit, dan sate madura juga saus kacang tanah yang lebih lembut dan kental daripada sate lainya. seperti umumnya sate di beri Siraman kecap manis  di atas saus kacangnya. Dan tidak kalah penting, Pelengkap lain  seperti potongan bawang merah dan cabe rawit wajib di ikutkan. Sajian ini entah ini paling cocok dinikmati bersama irisan lontong / lainya, itu kembali ke masing-masing.
langsung saja yuk kita buat sate enak, kita gabung-gabungin ramuan-ramuan (kaya apa aja ) sate dari khas daerah masing-masing.


Cara membuat sate enak



porsi 25 tusuk

Bahan-bahan cara membuat sate enak

250 gram dada ayam. banyak dagingnya
1 sdm air jeruk nipis / boleh di rendam menggunakan parutan nanas mentah
1/4 sdt garam

 Bahan bumbu cara membuat sate enak

100 gram kacang jangan lupa di oreng momdigoreng
3-4 buah bawang putih biar sedap
3-4 buah bawang merah aagr menambah gurih
3 buah kemiri, disangrai atau di goreng tapi tidak menggunakan minyak
1/2 sdt secukupnya  merica bubuk 
150 air pakai perasaan ya mom, kira-kira kentalya pas
3 sdm kecap secukupnya/selera
1 sdm gula merah, kalau pingin warana pekat pakai ula jawa, ja warna sedang pakai gula jawa biasa
1/4 sdt garam secukupnya / selera
3 sdm minyak/secukupnya di buat untuk menumis nantinya
Bahan Pelengkap / toping
Secukupnya bawang goreng ( selera )
Secukupnya bawang merah boleh di iris tipis atau kotak-kotak (selera)
Secukupnya cabe rawit bulat-bulat tapi tiis saja

Langkah cara membuat sate enak

pertama, Cucilah ayam terlebih dahulu sampai benar-benar bersih, kemudian potong bentuk dadu saja (mudah di tusuk). Lumuri potongan ayam dengan jeruk nipis dan garam atau rendamlah atau balurkan potongan-potongan ayam tadi. saatnya tusuk-tusuk dech.
kedua, Semua bahan bumbu di haluskan. Setelah bumbu halus, Tumis bumbu dengan minyak sambil diaduk hingga agak mengental. kemudian Matikan api. Saatnya sekarang kita buat sate enak

cara membuat sate enak bumbu. 
kalau kalian ingin hasil lebih baik, maka buatlah bumbu pagi hari kemudian di gunakan malam hari, terserah kalian simpan di mana, bisa di kulkas atau dimana saja.persiapkan 3 sdm bumbu, 1 sdm kecap dan 1 sdm air sema di masukan ke air sebagai bahan celupan sebelum membakar sate bakar.rendamlah kurang lebi 20 menit supaya bumbu meresap.

cara membuat bumbu sate enak . 

Bakar sate tunggu hingga warna coklat-kecoklatan.
cara membuat sate enak bumbu. 
angkat sate yang sdah matang, lanjut bakar yang lainya, sate enak siap di sajikan dengan lontong atau toping lainya , jangan lupa di kasih irisan bawan merah, cabai, dan taburi dengan bawang merah goreng sebagai pelengkap.
LihatTutupKomentar
Cancel

jadilah pembaca pintar