contoh BAB 3,5 PRAKTIKUM MANAJEMEN PENDIDIKAN {PMP}

contoh BAB 3,5 PRAKTIKUM MANAJEMEN PENDIDIKAN {PMP} di BANDUNG PONDOK PESANTREN DAARUT TAUHID
Ali machin


   

A.        Sarana dan Prasarana PP Darut Tauhid

a.    DaarulIlmi
                          DaarulIlmi Adalah salah satu bangunan di lingkungan Daarut Tauhiid yang pada awalnya bangunan ini hanya berupa saung sederhanq. Gedung ini dibangun hanya dalam waktu 40 hari (selama Aa Gym pergi melaksanakan ibadah Haji pada bulan april 1999). Hingga saat ini selain digunakan untuk pelatihan manajemen qalbu dan tempat pembelajaran santri mukim APW, juga dibuka untuk masyarakat umum yang ingin menggunakan aula tersebut, dengan beberapa syarat yang telah ditentukan.
b.    DaarulHajj
Aula yang letaknya berada persis di sebelah aula Daarul Ilmu ini merupakan hadiah dari santri untuk Aa Gym ketika beliau melaksanakan ibadah Haji tahun 2002. Aula ini digunakan untuk pelatihan-pelatihan, seminar, bedah buku, dan acara-acara lainnya yang diselenggarakan oleh DaarutTauhiid.
Keberadaan aula ini sangat menunjang terlaksananya berbagai kegiatan Daarut Tauhiid, dan merupakan aula yang sering digunakan santri mukim APW dalam pembelajaran materi manajemen qolbu.
c.    Aula DaarulHidayah
Aula ini letaknya di bawah serambi utama masjid Daarut tauhiid, selain tempatnya cukup representatif, aula ini juga dilengkapi sarana multimedia, seperti: televisi yang dihubungkan langsung dengan serambi utama masjid lewat kamera (handy cam/CCTV yang terpasang di serambi utama masjid). Aula ini yang paling sering digunakan santri mukim APW dalam pembelajaran.
d.    Aula kantor pesantren lantai3
Aula yang berada di lantai 3 gedung Kopontren ini selain untuk ruang pertemuan para santri karya Daarut Tauhiid juga digunakan untuk pembelajaran santri mukim APW. Kelebihan ruang ini adalah
dilengkapi panggung dan juga bebas dari kebisingan yang datang dari luar, karena letaknya di lantai 3 gedung dan tersembunyi.
e.    AsramaSantri
Asrama santri ini dipisahkan menjadi 2, yaitu asrama ikhwan dan asrama akhwat, seiring dengan perkembangannya, asrama santri sering berpindah tempat. Yang mana pada saat santri mukim APW letak asrama ikhwan di sebelah rumah salah satu asaatidz DT, sedangkan akhwat di belakang kantor sekretariat pesantren. Adapun untuk tahun ini pembangunan asrama santri 6 lantai sedangdigarap.
f.     Masjid DaarutTauhiid
Masjid Daarut Tauhiid adalah tempat yang paling sering digunakan santri, yaitu untuk melaksanakan kegiatan ibadah fardhu, maupun sunnah, adapun pada hari senin dan kamis, santri sering menghabiskan waktu di masjid ini untuk berbuka puasa bersama dan mengikuti pengajian Aa gym dan para asaatidz Daarut Tauhiid.
g.    SMM DaarutTauhiid
Tempat santri biasanya membeli kebutuhan sehari-harinya.(bersifat fasilitas saja)
h.    BMT (baitul mal wa ta’mil) DaarutTauhiid
Tempat santri menabungkan uangnya. Dan berbagai macam sarana dan prasarana lainnya.
LihatTutupKomentar
Cancel

jadilah pembaca pintar