Rencana bisnis pemula: konsep perencanaan bisnis

 Rencana Bisnis

Rencana bisnis dianggap sebagai perangkat penting bagi bisnis apa pun. Ini adalah dokumen secara tertulis yang menggambarkan secara rinci sifat, tujuan, dan posisi keuangan bisnis, terutama yang baru, dan cara itu akan mencapai tujuannya. Rencana bisnis juga dapat disiapkan untuk bisnis mapan yang mengubah area operasinya atau mengajukan permohonan pinjaman usaha atau permintaan pendanaan.


Konsep bisnis
Rencana Bisnis


Jenis Rencana Bisnis:

Rencana bisnis pada dasarnya dapat tebesar dua jenis:

  1. Rencana Bisnis Formal: Dokumen terperinci terutama disiapkan untuk tujuan dan di luar untuk bisnis.
  2. Rencana Bisnis Informal: Rencana kasar yang mungkin berisi catatan tulisan tangan membantu pemilik dalam fungsi harian bisnis dan perencanaan untuk ekspansi.


Komponen Dasar Paket Bisnis:

  1. Rencana bisnis formal harus menyatakan bahwa bisnis akan menghasilkan pendapatan yang cukup untuk mengukur pengeluaran dan akan menghasilkan keuntungan yang dapat disebutkan bagi investor. Komponen dasar dari rencana bisnis secara surat dibahas menjanjikan.
  2. Ringkasan Eksekutif: Ini berfokus pada tujuan rencana dan proposisi penjualan dalam waktu kurang dari dua halaman.
  3. Ringkasan Perusahaan: Ini memberikan ilustrasi yang akurat tentang perusahaan, kepemilikannya, dan latar belakang historis.
  4. Produk atau Layanan: Bagian ini memberikan deskripsi surat tentang produk dan/ atau layanan dan manfaat atau kekuatannya.
  5. Analisis Pasar: Ini memberikan ringkasan pelanggan yang ada, ukuran pasar, lanskap kompetitif, dan kemungkinan pertumbuhan pasar.
  6. Strategi dan Implementasi Pemasaran: Bagian ini menjelaskan strategi pemasaran produk dan / layanan dan implementasinya dan kemungkinan di masa depan.
  7. Ringkasan Manajemen: Bagian ini secara berbunyi meringkas latar belakang, pengalaman, dan pencapaian utama tim manajemen.
  8. Proyeksi Keuangan: Bagian ini terdiri dari laporan keuangan seperti neraca, laporan pendapatan, laporan arus kas, dan permintaan pendanaan (jika diperlukan).


Tujuan Rencana Bisnis yang Sukses:

Rencana bisnis yang sukses memiliki tujuan berikut:

  1. Menyediakan konsep bisnis yang jelas ditulis dalam bahasa yang dapat dimengerti dan tepat.
  2. Rencana bisnis harus memiliki struktur yang logis.
  3. Menjelaskan kemampuan manajemen untuk mencapai kesuksesan.
  4. Menunjukkan profitabilitas sehingga investor akan tertarik untuk berinvestasi dalam bisnis.

Cara Membuat Rencana Bisnis:

Paket bisnis bisa dibuat dengan mengikuti salah satu cara berikut:


  • Menunjuk Seorang Profesional:


Anda dapat menunjuk atau merekrut konsultan profesional yang memenuhi syarat yang akan menyiapkan rencana bisnis untuk bisnis Anda. Anda masih harus memahami rencana dengan benar dan harus memodifikasinya jika perlu. Anda harus berdiskusi dengan konsultan tentang hal itu dan memastikan bahwa rencana itu dengan jelas mendefinisikan konsep bisnis Anda.


  • Membeli atau Mengunduh Buku:


Ada beberapa buku bagus yang tersedia di pasar atau online dari mana Anda dapat membeli satu atau mengunduh beberapa. Anda bisa mendapatkan ide yang baik untuk membuat rencana bisnis yang baik dari sana.


  • Menggunakan Perangkat Lunak Perencanaan Bisnis:


Saat ini berbagai perangkat lunak perencanaan bisnis tersedia. Anda dapat memilih paket perangkat lunak perencanaan bisnis yang sesuai yang akan memberi Anda format rencana bisnis yang baik dan profesional yang akan menghemat waktu dan energi Anda.

Baca juga: Bisnis pemula: dasar membuat konsep bisnis

Manfaat Membuat Rencana Bisnis:

Membuat rencana bisnis melayani bisnis dengan manfaat berikut:

  1. Memberikan pendampingan saat mengajukan pinjaman usaha.
  2. Membantu dalam meningkatkan pendanaan ekuitas.
  3. Menetapkan dan mendefinisikan tujuan dan program desain untuk mencapai tujuan tersebut.
  4. Menyediakan ruang lingkup untuk modifikasi rutin rencana dan tinjauan bisnis.
  5. Mengklarifikasi perjanjian antara mitra (jika ada).
  6. Mendefinisikan nilai atau prinsip bisnis untuk dijual atau proses hukum.
  7. Analisis ruang lingkup untuk promosi dan perluasan bisnis yang ada.

Rencana bisnis harus dinamis dalam arti akan tumbuh dan berubah dengan pertumbuhan bisnis serta dengan persyaratan waktu dan teknologi. Rencana bisnis yang efektif dan implementasinya yang tepat dapat memimpin bisnis menuju kesuksesan. Jadi pemilik bisnis harus sangat berhati-hati sambil membuat rencana bisnis yang menentukan tujuannya dengan benar dan secara efektif membantu mencapainya.

LihatTutupKomentar
Cancel

jadilah pembaca pintar