Proposal Permohonan Bantuan Dana karang taruna 01

Nomor             : 01/ OVEX/IX/2012                                                Kepada :
Lampiran         : 1 ( Satu) Bundel                                                     Yth. Bapak
Perihal             : Permohonan Bantuan Dana                                  Di
             

Asalamualaikum Wr.Wb



Teriring salam dan do’a semoga Allah SWT, senantiasa melimpahkan Rahmat dan Ridho-Nya Kepada Para Penegak Kebenaran dan Keadilan yang hakiki keselamatan serta kebahagiaan sehingga lancar dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.Aamiinn.
            Demi meningkatkan prestasi dalam bidang Olahraga Kesenian, Ekonomi dan bidang lainnya yang berdampak positif. maka kami bermaksud memohon bantuan sarana prasarana untuk Warga Karang Taruna  Sehubungan dengan terbatasnya swadaya rekan-rekan generasi muda dan masyarakat Kurang dari pengeluaran kebutuhan,, sedangkan kebutuhan untuk sarana prasarana tersebut kami memerlukan biaya sebesar Rp …………… (……………………………..) dengan demikian sesuai Rencana Anggaran Biaya terlampir, maka untuk menutupi kekurangan yang kami butuhkan dengan ini dibuat proposal pengajuan bantuan dana.
 Demikian proposal pengajuan bantuan dana ini kami sampaikan, sudilah kiranya Bapak untuk dapat memperhatikan serta kami sampaikan banyak terima kasih.
Bilahitaufiq Wal Hidayah
Wasalamuikum Wr. Wb.



















A.    PENDAHULUAN
           
Salah satu yang membuat kabupaten  maju yaitu tidak terlepas dari ciri khas nya, masyarakat yang suka bahu membahu dalam melakukan suatu pekerjaan atau dengan istilah lain Gotong Royong. Kemajuan Zaman yang pesat tidak terlalu berpengaruh terhadap budaya yang sudah melekat di masyarakat ,hal ini yang tentunya menjadi modal utama dalam melakukan pembangunan di daerah. Nilai-nilai luhur yang sudah mendarah daging di dalam tubuh masyarakat dan pemuda khususnya ,hendaknya terus di bina dan di tingkatkan ,yakni dengan memberikan kenyamanan hidup dan kesejateraan.
Kini pemuda kita lebih suka peranan di dunia maya ketimbang dunia nyata. Lebih suka nge-Facebook, , lebih suka main  ketimbang duduk mufakat untuk kemajuan RT, RW, Kecamatan, Provinsi bahkan di tingkat lebih tinggi adalah Negara. Selaku Pemuda kita dituntut aktif dalam kegiatan-kegiatan masyarakat, sosialisasi dengan warga sekitar dan dengan pemuda lainnya,.  Kehadiran pemuda sangat dinantikan untuk menyokong perubahan dan pembaharuan bagi masyarakat dan negara., Pemuda merupakan generasi penerus masa depan bangsa ini, maka sudah selayaknya para pemuda di bekali dengan kecakapan hidup yang mumpuni.
B.     LATAR BELAKANG
Karang Tarunaadalah organisasi kepemudaan di Indonesia. Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa / Kelurahan atau komunitas sosial sederajat, yang terutama bergerak dibidang kesejahteraan sosial. Sebagai organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomis produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia dilingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada. Sebagai organisasi kepemudaan, Karang Taruna berpedoman pada Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga dimana telah pula diatur tentang struktur penggurus dan masa jabatan dimasing-masing wilayah mulai dari Desa / Kelurahan sampai pada tingkat Nasional. Semua ini wujud dari pada regenerasi organisasi demi kelanjutan organisasi serta pembinaan anggota Karang Taruna baik dimasa sekarang maupun masa yang akan datang.
C.     DASAR PEMIKIRAN
Berangkat dari latar belakang di atas sudah saatnya pemuda di bekali Sarana prasarana yang memadai , Tentunya kami sebagai pemuda karang taruna Kmp ............. ingin sekali memiliki sarana prasarana yang lengkap seperti di daerah lain, namun keterbatasan dalam segi pendanaan sangat menghambat kami untuk berprestasi di masa yang akan mendatang, dan membangun lingkungan, maka dari  itu kami memerlukan dukungan yang sangat besar dari pemerintah  khususnya dukungan materil untuk memfasilitasi sarana prasarana tersebut. aminn
D.    PERMASALAHAN YANG DIHADAPI
 1. Terbatasnya anggaran dusun
 2. Swadaya masyarakat yang kurang memadai
E.     MOTTO
         TERAMPIL,AKTIF, BERKARYA, BERPRESTASI DAN MANDIRI
F.      VISI DAN MISI
Visi
Menjadikan warga karang taruna yang mampu memberikan kasejahtraan bagi masyarakat,  dan membangun karakteristik pemuda menjadi lebih berkualitas di segala bidang. Baik olahraga kesenian, ekonomi dan bidang lainnya yang berdampak positif.
Misi
1. Mengajak, mendukung dan mendidik generasi muda dalam pengembangan profesi, potensi, bakat dan keterampilan.
2. Bekerja sama dengan Departement sosial, LSM dan Institusi –institusi yang lain untuk membantu :
·         Mengurangi Pengangguran dengan cara mengadakan platihan keterampilan berwira usaha
·         Mengurangi kenakalan remaja, penyalahgunaan narkoba,perjudian dan bentuk perbuatan negative lainnya melalui pelatihan kepemimpian, moral dan pengajian rutin.
G.    TUJUAN      
1.      Terwujudnya pertumbuhan dan perkembangan  kesadaran dan  tanggung  jawab  sosial  setiap  generasi  muda  warga Karang  Taruna  dalam  mencegah,  menagkal,menanggulangi  dan  mengantisipasi  berbagai  masalah sosial.
2.      Terbentuknya  jiwa  dan  semangat  kejuangan  generasi muda  warga  Karang  Taruna  yang  Trampil  dan berkepribadian serta berpengetahuan.
3.      Tumbuhnya  potensi  dan  kemampuan  generasi  muda dalam  rangka mengembangkan  keberdayaan  warga Karang Taruna
.
H.    MANFAAT KEGIATAN
1.      Animasi Sosial (Social Animation), yakni kemampuan Karang Taruna sebagai agen perubah (pemberdaya masyarakat untuk membangkitkan energi, inspirasi, antusiasme masyarakat, termasuk mengaktifkan, menstimulasi dan mengembangkan motivasi warga untuk bertindak).
2.      Mediasi dan Negosiasi (Mediation and Negotiation), yakni kemampuan Karang Taruna sebagai pemberdaya masyarakat untuk menjalankan fungsi mediasi guna menghubungkan kelompok-kelompok yang sedang berkonflik agar tercapai sinergi dalam komunitas tersebut.
3.      Membentuk Konsensus (Builiding Consensus), yakni mengembangkan setiap upaya untuk ”melawan” pendekatan konflik yang seringkali bersifat taken for granted pada beragam interaksi politik ekonomi dan sosial di masyarakat.
4.      Fasilitasi Kelompok (Group Facilitation), yakni kemampuan memfasilitasi kelompok-kelompok warga masyarakat agar mau bertindak konstruktif dan bersinergi untuk meningkatkan kesejahteraannya secara lebih utuh, bukan sekedar membangun satu atau dua kelompok saja.
5.      Mengorganisir (Organizing), yakni kemampuan untuk berpikir dan melakukan hal-hal apa saja yang perlu dilakukan, hal yang tidak perlu dilakukan sendiri, dan memastikan bahwa semua mungkin diwujudkan.
I.       RENCANA KEGIATAN
Melengkapi sarana dan prasarana Karang Taruna yang selama ini kami belum memiliki secara lengkap dan memadai .
J.       LOKASI
Lokasi kegiatan terletak :
·       ...................
K.    SUSUNAN KEPENGURUSAN
Pelindung                                           
Pembina                                              
Ketua                                                  
Sekretaris                                            
Bendahara                                           :
                                                            :
 Seksie-seksie :
Seksie Olahraga                                 
Seksie Peralatan                                  : 
Seksie Rohani                                     : 
Seksie keamanan                                 : 
Seksie Kebersihan                               : 
Seksie Dana Usaha                             : 
Seksie Lingkungan Hidup                  :
Seksie Humas Dan Kemitraan            
Seksie Kelompok Usaha                     : 
Pembantu Umum                                : 
L.     ALOKASI ANGGARAN
NO
URAIAN
ALOKASI DANA
Satuan
Volume
Harga Satuan (Rp)
Jumlah Harga (Rp)
A.    ADMINISTRASI
1
Net Book / Laptop Axxio CD
2
Printer Canon Mp 190
3
Flash Disk 4 GB
4
Kertas HVS A4
5
Kertas HVS F4
6
Pensil HB 2B
7
Pengaris
8
Buku Catatan
9
Stop Map
10
Amplop
11
Tintah Catridge Rainbow
B.      KELENGKAPAN SEPAK  BOLA
1
Kaos Team
2
Bola
3
Bendera Team
4
Sepatu
5
Kaos Kaki
6
Deker
C.    KELENGKAPAN VOLLY BALL
1
Kaos Team
2
Bola
Net
D.     KELENGKAPAN HAJATAN
1
Kaos Parkir
2
Kartu Parkir
3
Priwit
4
Dekorasi
5
Ampli
6
Toa
7
Mix
TOTAL (A s/d D )
NO
PEMASUKAN
JUMLAH (Rp)
1
Iuran Karang Taruna
2
Masyarakat (Warga)
3
Dusun
TOTAL
PEMASUKAN BIAYA SARANA PRASA
KEKURANGAN ANGGARAN
Pengeluaran               = Rp.
Pemasukan                = Rp.
Total Kekurangan    = Rp.
TERBILANG “…………………………………………..”
.M.  TARGET KINERJA
-Terciptanya reaktualisasi potensi.
-Terwujudnya suatu sarana prasarana yang memadai untuk menunjang kegiatan-kegiatan warga karang taru

N.  PENUTUP
            Demikian proposal ini kami buat sebagai bahan pertimbangan bapak kami mohon kiranya untuk berkenan memberikan bantuan sehingga apa yang selama ini kami harapkan dapat sebagai mana yang direncanakan. Amiinn
 ... ,12 september 2012


LihatTutupKomentar
Cancel

jadilah pembaca pintar