Proposal Permohonan Bantuan Dana karang taruna 02

A.    PENDAHULUAN


Segala puji bagi Allah yang telah memberikan nikmat sehat dan ketenangan berfikir sehingga proposal ini dapat diselesaikan sebagai wujud tanggung jawab dan harapan kemajuan karang taruna. Solawat beserta salam kami haturkan teruntuk Rosululloh S.A.W sebagai uswatunhasanah yang membawa masyarakat dari jaman jahiliyah ke jaman yang penuh terang benderang.
Proposal ini kami buat guna menyalurkan aspirasi rekan muda yang sangat antusias dalam kegiatan karang taruna dan sebagai wujud tanggung jawab kami sebagai pengurus melihat kondisi sarana bagi karang taruna yang kurang memadai. Besar harapan kami mudah-mudahan kebutuhan kami dapat terakomodir serta terealisasi. Amin.    

B.     LATAR BELAKANG
Karang Taruna memiliki fungsi dan peran cukup vital dalam pembangunan. Wadah kepemudaan non partisan ini merupakan tempat positif dalam mengarahkan generasi muda untuk berkarya, Meningkatkan sumber daya manusia dan menumbuh kembangkan jiwa sosial. Sehingga jika dimanfaatkan secara optimal karang taruna bisa menjadi wadah dalam memupuk tanggung jawab, mengasah dan mengembangkan keterampilan sehingga pada akhirnya menjadi manusia yang memiliki jiwa Pemimpin.
Kehadiran manusia yang berjiwa pemimpin ini akan membantu Desa dalam mempercepat pembangunan baik dalam bentuk fisik maupun non fisik. Ia akan menjadi problem solver dengan gagasan dan wawasannya ketika  masyarakat menghadapi permasalahan. Selain itu pemuda yang terasah dari partisipasinya dalam beragam kegiatan yang ada di karang taruna  dapat menjadi pilihan alternative untuk dijadikan pemimpin masyarakat.
KarangTaruna “GEMTIC” merupakan karang taruna yang berdomisili di DusunTidaran Kelurahan Candiretno Kecamatan Secang Kabupaten Magelang. Anggota KarangTaruna GEMTIC merupakan masyarakat generasi muda atau yang memiliki jiwa muda se-Dusun Tidaran. Selama ini karang taruna GEMTIC aktif berpartisipasi dalam kegiatan terutama yang berkaitan dengan keagamaan di dusun. Kegiatan tersebut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh pribadi maupun oleh masyarakat di lingkungan dusun Tidaran.
Dalam acara tersebut sering kali masyarakat membutuhkan perangkat pengeras suara (Sound System) yang baik, akan tetapi yang ada selama ini belum mendukung banyaknya kebutuhan pengeras suara (Sound System) dalam beragam kegiatan di lingkungan dusun Tidaran menunjukan bahwa ada potensi besar yang bisa dikelola oleh Karang Taruna GEMTIC jika didukung dengan sarana yang memadai. Selain itu adanya sarana prasarana dapat meningkatkan ikatan emosional anggota karang taruna dan menjadi stimulant untuk berkarya dalam beragam bidang baik dalam bidang Agama, pendidikan, seni, budaya, ekonomi maupun bidang lainnya dengan harapan masyarakat akan lebih berdaya yang berimplikasi pada peningkatan Indeks Pembangunan Desa.
C.     PERMASALAHAN
Sebuah acara layaknya pengajian dalam rangka syiar islam akan berhasil manakala adanya sarana prasarana yang mendukung kegiatan. Selain itu adanya sarana prasarana dapat meningkatkan jamaah serta pemahaman masyarakat dalam mendengarkan dan menyimak setiap ceramah yang ada.
Untuk mewujudkan dan mengoptimalkan hal tersebut kami terkendala dengan sarana pengeras suara(Sound System) yang dimiliki. Selama ini beragam kegiatan yang ada banyak bergantung pada peralatan yang ada dan sewa dari pihak lain. Sehingga kami para pengurus berinisiatif untuk memiliki pengeras suara (Sound System) yang lebih memadai. Namun untuk memiliki sarana kami terkendala dengan pendanaan.
Oleh karena itu besar harapan kami bapak dapat membantu kami dalam pengadaan sarana prasarana untuk mendukung kegiatan Karang Taruna GEMTIC.
D.    MAKSUD DAN TUJUAN
1.      Menggali potensi dan mengasah kemampuan manejemen pemuda Karang Taruna
2.      Membantu Pemerintah Desa dalam pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa.
3.      Ingin menjadi  generasi muda yang tangguh, kokoh dan berprinsip serta bertanggung jawab.
4.      Meringankan masyarakat dalam membuat acara dengan menyediakan pengeras suara (Sound System) milik dusun pribadi .
5.      Menghemat anggaran untuk penyewaan Sound System sehingga bisa dialokasikan kebidang lainya.
E.     MANFAAT YANG DIPEROLEH
Dengan memiliki sarana prasarana Karang Taruna dapat menghasilkan beberapa manfaat diantaranya:
1.      Dapat Mempermudah dalam kegiatan syiar agama.
2.      Percepatan Pemberdayaan Masyarakat.
3.      Membentuk dan Meningkatkan Kerjasama Pemuda.
4.      Terarahnya pemuda pada kegiatan positif.
5.      Memudahkan masyarakat dalam mencari kebutuhan Sound System.
6.      Meningkatkan pendapatan kas pemuda.
7.      Terasahnya keterampilan Pemuda Karang Taruna
F.      RENCANA KEGIATAN
Kami para pemuda dusun Tidaran selama ini sudah melaksanakan kegiatan tentang kepemudaan (seni, budaya, dan olahraga) akan tetapi sarana prasarana dan penunjang untuk melakukan kegiatan tersebut kurang mendukung dan memadai, kami hanya melakukannya semampu kami.
Dengan adanya proposal ini, kami para pemuda sangat mengharapkan  khususnya Pemerintah Daerah ikut peduli dalam pembangunan kepemudaan khususnya  pemuda di lingkungan Dusun Tidaran. Melengkapi sarana dan prasarana kegiatan yang selama ini belum dimiliki oleh karang taruna guna menopang kegiatan karang taruna.
G.    RENCANA ANGGARAN BIAYA
Adapun Rencana Anggaran Biaya untuk pengadaan sarana Sound System Karang Taruna GEMTIC adalah            :
No
Jenis Barang
Jumlah
Harga
01
MIXER
1
Rp 3.000.000
02
EQUALISER
1
Rp 1.500.000
03
KABEL /ROLL
1
Rp 800.000
04
MIC
2
Rp 700.000
05
SPEAKER
2
Rp 4.500.000
06
EFFECT/ECHO
1
Rp 1.500.00

TOTAL

Rp 17.200.000

H.    TARGET KINERJA
Tersedianya sarana untuk kegiatan pemuda karang taruna supaya pemuda terlibat hal positif dan dapat meningkatkan keterampilan pemuda serta memudahkan kegiatan-kegiatan sosial terutama dalam syiar islam.
I.       PENUTUP
Kami sangat mengharapkan partisipasi dan uluran tangan dari berbagai pihak, terutama pemerintah untuk membantu terealisasinya permohonan dan harapan Pemuda Karang Taruna GEMTIC.
Demikian proposal sarana untuk Karang Taruna GEMTIC dusun Tidaran ini kami buat, atas kerjasama untuk akomodasi dan realisasinya kami ucapkan terimakasih.


LihatTutupKomentar
Cancel

jadilah pembaca pintar