Contoh tugas: PENDIDIKAN ANTI KORUPSI

PENDIDIKAN ANTI KORUPSI

PENDIDIKAN ANTI KORUPSI
PENDIDIKAN ANTI KORUPSI


 Tugas  semester:   V  

Mata kuliah : PENDIDIKAN ANTI KORUPSI

Nama: Ali Machin

PERTAMA

PENDIDIKAN ANTI KORUPSI
PENDIDIKAN ANTI KORUPSI


1. Jawablah pertanyaan dibawah ini :

Pesan dan nilai apakah yang hendak disampaikan filem tersebut

Seperti di akhir film ini, penanaman anti korupsi di mulai dari kecil. Dalam film ini tersirat pesan 

a. melakukan kejahatan (korupsi) walaupun mempunyai uang banyak tetapi tidak merasakan ketenangan hati

b. Dalam rumah tangga seharusnya Istri tidak banyak menuntut dan wajib menanyakan hasil uang yang tidak relevan sumbernya

c. Kuatkanlah pondasi agama sehingga tidak mudah tergiur oleh rayuan teman untuk korupsi

Dan juga mengandung nilai:

a. Penanaman antikorupsi di masa kanak-kanak 

b. Membahagiakan keluarga bagaimanapun caranya

c. Korupsi tidak membuat bahagia tetapi membuat sengsara


2. Sikap-sikap apakah yang dapat ditiru dan yang harus ditinggalkan dalam filem tersebut? Mengapa?

Sikap-sikap yang bisa di tiru adalah selalu meluangkan waktu buat keluarga.

Dalam film ini yang saya paling berkesan adalah papa selalu meluangkan waktu buat keluarga, baik itu setelah dia korupsi dan mempunyai banyak uang. Tetapi tetap makan malam bersama keluarga kecilnya.

Sikap yang harus di tinggalkan adalah  Tidak ada keterbukaan dari keluarga ini.. pendapatan uang yang naik secara singkat akan tetapi tidak ada sedikitpun kecurigaan dari sang istri. 

Istri tidak harusnya menuntut ini itu menjadikan beban seorang kepala rumah tangga ( suami) harusnya tahu pendapatan 1 bulan berapa dan ada uang sisa berapa.. dan jangan mudah iri dengan orang lain tentang apa yang di miliknya


3. Jelaskan bagaimana sebaiknya anda menyikapi situasi dan kondisi yang ada dalam filem tersebut?

Sikap saya dalam hal ini 1. Istri harunya tidak menuntut lebih kepada suami, dan juga suami harus lebih terbuka dengan keluarganya. Dalam hal ini kuncinya terbuka menurut saya bu ida. Dan kondisi dalam film ini adalah tuntutan materi dan tidak ada keterbukaan antara satu dengan yang lainya


4. Apa yang akan anda lakukan bila hal demikian terjadi baik pada diri anda, keluarga atau rekan anda? Jelaskan alasan anda


Misal saya.  Ketika istri meminta barang maka akan mengiyakan tetapi menjelasakan kalau dalam waktu dekat ini belum bisa dan mungkin akan menjelasakan bagaimana kondisi keuangan saat ini dalam pekerjaan yang saya kerjakan.



5. Apa peran keluarga untuk memberantas korupsi dan perilaku koruptif yang sering terjadi di masyarakat.?


KEDUA

filem pendek  Youtube dari KPK berjudul “ kondisi Indonesia saat ini”


Jawablah pertanyaan dibawah ini:

1. Apa pendapat mahasiswa tentang dampak korupsi sebagaimana ditayangkan di filem tersebut?

Dalam film ini dampak yang di timbulkan sangat banyak.

a. Rusak moralitas manusia

b. Rusak Sumber Daya Alam negri ini karena kerakusan seglintir manusia

c. Penderitaan yang berlanjut, sperti efect banjir, longsor dan lainya


2. Bagaimana modus operandi dan korupsi yang terjadi sehingga dampaknya seperti yang ditayangkan dalam filem tersebut?

Modus: 

a. memberi suap terhadap masyarakat sekitar agar tutup mulut terhadap kerusakan wilayah tersebut

b. Suap terhadap penguasa agar memberi jalan utuk membangun pabrik dan tutup mulut jika pabrik itu salah dalam pengelolaan limbah

Dampak:

a. Rusak moral

b. Rusak SDA

c. Kerugian Material di sebabkan dampak secara tidak langsung: banjir dan longsor


3. Adakah dan bagaimanakah kebijakan negara dan pemerintah untuk mengatasi dampak yang ditimbulkan sebagaimana terlihat dalam filem?


pemerintah untuk mengatasi dampak yang ditimbulkan

Lebih pengontrol dalam pengelolaan konservasi fauna. Dan pengawasan terhadap petugas.  Dan edukatif terhadap masyarakat sekitar. 

Dampak: membuat terasing di lahan masyarakat dan melakukan penghijauan kembali, Edukatif tentang lingkungan sekitar baik pencegahan dan akibat,dan juga pemeliharaan lahan buat generasi masa depan.


4. Apa kesulitan-kesulitan yang akan dihadapi untuk melakasanakan kebijakan tersebut?

Kesulitan

Edukatif kesadaran masyarakat. Pengahasilan tidak meningkat tajam karena melkukan seperti yang di lakukan orang dahulu. Maka di butuhkan edukatif kepada masyarakat apa untungnya peningkatan pendapatan sesaat jika anak cucu tidak merasakan

Moral Pemimpin

Seperti kebiasaan orang pada umumnuya jika sudah di atas akan lupa daratan. Penting hasil pribadi yang di utamakan. Maka di butuhkan moral pemimpin yang kuat untuk mengayomi.


5. Kebijakan apa yang dapat dibuat dikampus dalam rangka mencegah dan memberantas perilaku koruptif yang mungkin dapat terjadi di kampus?

Keterkaitan mahasiswa dalam pergerakan anti korupsi dibagi jadi empat wilaya, diantaranya dilingkungan keluarga, lingkungan universitas, warga seputar, dan ditingkat local dan nasional. Lingkungan keluarga dipercayai jadi parameter pertama dan khusus untuk mahasiswa supaya bisa mengetes apa proses internalisasi antikorupsi di dalam diri mereka terjadi.


Keterkaitan mahasiswa dalam pergerakan anti korupsi di lingkungan universitas tidak bisa dilepaskan dari posisi mahasiswa selaku peserta didik yang mempunyai keharusan untuk turut jalankan misi serta visi kampusnya. Keterkaitan mahasiswa dalam pergerakan anti korupsi dalam masyarakat dan ditingkat local dan nasional berkaitan dengan posisi mahasiswa selaku seorang warrga Negara yang mempunyai hak dan keharusan yang serupa dengan warga yang lain.


Peranan Mahasiswa Dalam Menahan Tindak Korupsi

PENDIDIKAN ANTI KORUPSI
PENDIDIKAN ANTI KORUPSI



Pemudah terutamanya mahasiswa ialah asset paling tentukan keadaan jaman itu di periode depan. Mahasiswa salah satunya sisi dari pergerakan pemudah. Belajar pada masa lampau, riwayat sudah menunjukkan jika perjalanan bangsa ini tidak terlepas dari peranan golongan gampang sebagai sisi kemampuan perombakan.


Beberapa tokoh sumpah pemudah 1928 sudah memberi nasionalisme bahasa, bangsa dan tanah air yang satu yakni Indonesia. Kejadian sumpah pemuda memberi ide tiada batasan pada beberapa gerakan perjuangan kemerdekaan di Indonesia. Peranan beberapa tokoh pemuda yang lain ialah proklamasi kemerdekaan tahun 1945, lahirnya orde baru tahun 1966, dan reformasi tahun 1998 tidak bisa dipunggkiri jika dalam kejadian-peristiwa besar itu mahasiswa tampil dimuka selaku monitor pendorong dengan bermacam ide, semangat dan idealisme yang mereka punyai dan lakukan.


Untuk kerangka saat ini dan kemungkinan saat-saat mendatang sebagai lawan bersama warga ialah praktik namanya korupsi. Peranan penting mahasiswa itu tidak bisa dilepaskan dari karakter yang mereka punyai, yakni: intelektualitas. Jiwa gampang dan idealisme.


Peranan Pengajaran Anti Korupsi Awal Dilapisan Mahasiswa Dalam Menahan Berlangsungnya Tindak Korupsi


Penddikan budi pekerti adalah pengajaran penting untuk bekal hidup tiap orang. Dalam pelajari nilai-nilai ini akan diketemukan faedah bila kita patuhi pagar ketentuan itu dan apa akibanya bila kita menyalahinya. Sebenarnya pokok dari pengajaran anti korupsi ialah bagaimana penanaman kembali lagi nilai-nilai universal yang bagus yang perlu dipunyai oleh tiap orang agar diterima dan bermanfat untuk dirinya dan lingkungannya. Antara karakter-sifat itu ada jujur, bertanggungjawab, berani, santun, berdikari, empati, usaha keras dan yang lain. Pengajaran adalah penuntun angkatan gampang untuk kejalan yang betul. Jadi sistem pengajaran benar-benar mengubah sikap angkatan gampang nantinya. Termaksud pengajaran anti korupsi awal


Dapatkan lebih informasi di https://bit.ly/3mMM4ZV Atau contoh tugas lainya


LihatTutupKomentar
Cancel

jadilah pembaca pintar