Rendang jengkol allrecipes: variant rendang

 Rendang Jengkol

Rendang jengkol
Rendang Jengkol


Rendang jengkol. - Faedah jengkol dan resikonya harus dipahami khususnya oleh beberapa pencinta makanan yang disebut selaku menambah selera makan ini. Faedah jengkol tentu saja ada, tetapi dibalik baunya, rupanya ada bahaya jengkol yang seharusnya dicurigai. Tapi cukup banyak warga kita yang demikian mencintai makanan yang ini.


Jengkol dan pete adalah buah lahapan yang nampaknya sangat terasa nikmat dengan cocolan sambal yang pedas dan nasi panas.

Manfaat

Kecuali dikonsumsi mentah, jengkol kerap direbus supaya rasa-rasanya lebih nikmat. Bahan ini sering diproses dengan bermacam wujud masakan, seperti gulai jengkol, semur jengkol, dan yang lain.


Tidak cuma untuk lauk makan, jengkol waktu ini sudah ditingkatkan jadi camilan, seperti keripik jengkol. Camilan ini dibikin dengan tumbuk jengkol sampai halus lalu dikeringkan dan dimasak.

Kandung Gizi dan Faedah Jengkol untuk Kesehatan

Salah satunya factor yang membuat jengkol jadi benar-benar populer ialah baunya yang unik dan benar-benar menusuk. Berbau ini muncul waktu kita mengkonsumsinya. Mulut yang bau itu juga akan mengusik orang disekelilingnya.


Kecuali mengakibatkan mulut bau, rupanya berbau ini akan menyebar kesemua aliran pembuangan badan. Urin, fases, atau keringat ikut juga bau. Untuk kurangi baunya, terkadang jengkol dipendam atau direbus saat sebelum dikonsumsi.


Dibalik faedah jengkol dan resikonya, rupanya buah sayur ini memiliki kandungan banyak gizi yang penting untuk kesehatan badan. Salah satunya kandung protein, karbohidrat, vitamin A, B, dan vitamin C.

Rendang jengkol


Jengkol dijumpai kaya dengan bermacam macam mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi, steroid, saponin, glikosida, alkaloid, dan tannin. Sayur ini memiliki kandungan minyak atsiri dan serat yang tinggi.


Jengkol dijumpai memiliki sifat diuretic dan benar-benar bagus untuk mencegah penyakit diabetes atau mempertahankan kesehatan jantung. Untuk faedah jengkol dan resikonya untuk kesehatan yang lain diantaranya mencakup:


Tingkatkan Kesehatan Jantung

Jengkol kaya yang mengandung anti-oksidan yang bermanfaat dalam mencegah radikal bebas dan memperlancar peredaran darah. Makan sayur ini akan berguna untuk mempertahankan kesehatan jantung.

Mengatur Kandungan Gula Darah

Sayur ini mempunyai senyawa aktif yang berperan untuk mengatur dan mengatur kandungan gula pada darah. Karenanya jengkol bagus untuk pasien diabetes dalam jaga kandungan gula darahnya.


Tingkatkan Stamina dan Mencegah Anemia

Dibalik faedah jengkol dan resikonya sebab kandung zat besi yang lumayan tinggi yang bermanfaat mencegah anemia atau jaga dan tingkatkan stamina badan. Makan jengkol untuk lahapan berguna dalam menangani kekurangan zat besi.


Bagus untuk Diet Turunkan Berat Tubuh

Kandung serat yang tinggi dalam jengkol tentu saja berguna juga untuk anda yang pengin turunkan berat tubuh. Makan jengkol bermanfaat untuk membakar energi badan dan menangani lemak badan.


Menahan Bayi Lahir Cacat

Jengkol bagus untuk ibu hamil sebab kandung asam folat dan kalsiumnya yang paling bermanfaat dalam pembangunan organ janin. Oleh karena itu makan jengkol untuk ibu hamil bermanfaat menahan bayi lahir cacat.

Manfaat dan bahaya Jengkol 

Sedang tersangkut faedah/manfaat jengkol dan resikonya ini sebab kandung asam aminonya yang disebutkan asam jengkol. Asam jengkol ini memiliki kandungan toksin hingga orang yang mengkonsumsinya beresiko alami keracunan.


Gejala-gejala yang sering tampil ke orang yang alami keracunan ini salah satunya penyimpanan urin, kejang otot, sampai tidak berhasil ginjal yang kronis. Antiknya, masalah keracunan asam jengkol biasanya dirasakan pria.


Asam jengkol pun tidak mudah larut di air. Ini dapat mengakibatkan masalah pada aliran kencing karena menyanggaknya kristal. Karenanya makan jengkol seharusnya janganlah sampai terlalu berlebih.


Itu bermacam faedah jengkol dan resikonya yang seharusnya dikenal supaya makanan ini bisa memberi nikmat tiada bawa bencana.


Rendang jengkol

Bahan Rendang
Foodnsantara.eu.org


Bahan dan Bumbu:

  • 1kg jengkol tua
  • 2 ltr santan
  • 1 liter air
  • 3 tangkai serai keprek
  • Seruas lengkuas keprek
  • 7 daun salam
  • 7 daun jeruk
  • 4 sendok makan garam
  • 4 sendok teh gula
  • 2 sdt lada
  • 4-5 sdt kaldu bubuk


Bumbu lembut:

  • 13 btg cabai merah keriting
  • 10 cabai rawit setan
  • 15-20 btr bawang merah
  • 8-10 biji bawang putih
  • 5 sdm ketumbar
  • 7 btr kemiri
  • 2 jintan
  • Seruas jahe


Cara membuat Rendang Jengkol

  1. Rendam jengkol sepanjang hari sama air cucian beras (supaya tidak begitu berbau).
  2. Sesudah dipendam, kupas kulit jengkol lalu rebus skitar 1 jam angkat keringkan. Tumbuk jengkol sampai gepeng.
  3. Panasi minyak lalu oseng bumbu lembut hingga harum.
  4. Masukan serai, lengkuas, salam, dan daun jeruk. Janganlah lupa tambahkan garam, gula, lada, dan kaldu.
  5. Masukan 100 mililiter air, selanjutnya masukan jengkol. Aduk sampai bumbu tercampur.
  6. Masukan santan dan tambah 400 mililiter air.
  7. Aduk-aduk janganlah lupa revisi rasa.
  8. Tunggu hingga air berkurang dan bumbu menyerap.
  9. Rendang jengkol siap disajikan.

LihatTutupKomentar
Cancel

jadilah pembaca pintar