Resep nasi: Nasi bakepor olahan nasi khas kutai

 Nasi Bekepor keunikan Kutai Kartanegara

Nasi Bekepor keunikan Kutai Kartanegara ialah nasi yang dikombinasi dengan ikan asin, rempah-rempah, dan minyak sayur.

aneka nasi
Nasi Bekepor


Nasi Bekepor makanan khas Kalimantan Timur biasanya disajikan bersama dengan Sate payau, sayur gangan asam kukar yang disebutkan seperti sayur asem yang diolah bersama dengan kepala ikan dan ubi manis.


Nasi Bekepor bisa juga disajikan bersama sambal raja

Zaman dahulu, nasi bekepor di masak dengan cara dengan diputar di atas bara api menggunakan kuat atau kendhil yang dibikin dari perunggu.


Proses memutar berikut yang disebut dengan bekepor. Waktu diputar, dibacakan shalawat seputar 3x dan disebutkan nama orang yang diinginkan untuk sesegera bertemu sekalian pikirkan wajahnya.

Dan kabarnya, manfaat nasi bekepor cara ini selalu berhasil bikin orang yang disebut namanya untuk datang menemui, tapi sekarang ini barisan masyarakat semua bisa cicipi makanan ini

Sambal Raja Kutai ini rasa-rasanya unik. Wewangian harum fresh jeruk jadi ciri-ciri intinya. Pas di beberapaya pengiring telur rebus, ikan goreng, ayam goreng, tempe goreng dan yang lain.


Konon pada zaman kerajaan sambal ini dibuat selaku pengiring nasi bekepor (nasi liwet) ciri khas kutai dan cuman dapat di cicipi oleh beberapa raja.


Sekarang ini kita dapat nikmati sajian beberapa raja ini tak perlu jadi raja. Kita dapat membuat sendiri di dalam rumah atau dapat menikmatinya di warung. Saat ini ada beberapa warung di Kalimantan Timur yang sediakan Sambal Raja ini selaku salah satunya menu salah satu manfaat JemputRejeki yang benar-benar membangkitkan hasrat. yuk simak resep nasi bekepor khas kutai ini.


Beberapa bahan:

* 400 gram beras putih, bersihkan sampai bersih

* 2 helai daun pandan, ikat simpul

* 2 sendok teh garam

* 4 helai daun salam

* 4 sendok makan minyak sayur

* Air seperlunya


Bumbu-bumbu:

* 6 ikan asin jambal, goreng dan suwir-suwir

* 11 cabai rawit, kerat-kerat

* 31 helai daun kemangi

* 2 sendok makan air jeruk nipis


Bahan sambal raja:

* 2 biji terong

* 6 siug bawang merah, irislah tipis

* 11 tangkai kacang panjang, potongi

* 11 cabai merah

* 11 cabai rawit

* Garam dan gula seperlunya


Langkah membuat:

Masuk kan beras, minyak, garam, daun salam dan daun pandan ke panci menanak nasi. Masak sampai 1/2 masak.

Aduk-aduk nasi, Masuk kan ikan asin suwir, kemangi dan air jeruk. Masak kembali sampai nasi masak. Angkat dan aduk sampai rata supaya tidak begitu basah.

Goreng terong, kacang panjang dan bawang merah. Pinggirkan. Lumatkan cabai dan terasi, oseng sampai wangi, Masuk kan terong, dan bawang merah. Aduk sampai rata dengan sambal. Suguhkan nasi dengan sambal raja.


Sambal Raja Kutai

Cara membuat sambal raja kutai
Sambal raja kutai


sambal sudah menjadi ciri khas dari orang timur, dan aneka sambal terbilang sangat banyak pilihanya mulai dari Sambal, sambal matah, sambal goreng kentang, sambal bawang, sambal geprek, sambal pete, sambal tomat, sambal ayam geprek, sambal ayam bakar, sambal ayam goreng, sambal ayam penyet, sambal ati ampela, sambal abc, sambal ayam geprek mantul, sambal andaliman dan foodnusantara sudah membagikan resep sambal ini.

Bahan dan Bumbu Sambal

  • 1 biji terong, potong dadu
  • 10 lonjor kacang panjang, potong 2 cm
  • 10 biji bawang merah, iris 4
  • Lumatkan :
  • 10 cabai rawit
  • 10 cabai merah besar, buang biji
  • 1 bks terasi kecil
  • 2 biji jeruk limau
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir


Cara sambal raja kutai

  1. Goreng kacang panjang, terong dan bawang merah sesaat dengan minyak panas.Keringkan.
  2. Ulek cabai rawit, cabai merah, terasi, garam dan gula pasir. Berikan perasan jeruk limau. (Kulit jeruk jangan di buang, irislah lembut kulit jeruk)
  3. Oseng sambal sampai wangi, masukan kacang panjang, terong dan bawang merah yang sudah dimasak barusan. Aduk sampai rata saat sebelum di angkat masukan potongan kulit jeruk limau. Aduk sampai rata. Api matikan.
  4. Sambal Raja Kutai siap di suguhkan


TAGS:

#nasi Kuning,# nasi kuning nasi kuning semarang, #nasi kuning ultah, #nasi kuning bento, #nasi kuning mika, #nasi kuning box, #nasi kuning tumpeng,#nasi kuning ayam, #nasi kuning anak2, #nasi kuning adalah, nasi kuning ayam goreng, nasi kuning ambon, nasi kuning ayam bakar, nasi kuning ayam suwir, nasi kuning anak

LihatTutupKomentar
Cancel

jadilah pembaca pintar