Sosis ayam-Resep membuat sosis ayam di jamin enak halal

Resep Sosis Ayam

Sosis ayam-Resep membuat sosis ayam di jamin enak halal
Untuk 22 buah Sosis Daging Ayam
sosis ayam, cara membuat sosis ayam, cara buat sosis ayam, membuat sosis ayam, champ sosis
Resep Sosis Ayam by: foodnusantara

resep berikut sosis yang terbuat dari daging ayam olahan ataudaging cincang. Sebenarnya ada banyak jenis sosis berdasarkan bahan-bahan dasar, seperti sosis ayam, sosis ikan, sosis sapi, tempe sosis dan sebagainya. Pembuatan sosis di masyarakat Indonesia tidak begitu populer dibandingkan dengan makanan lain. Terlebih lagi sosis sangat mudah  di kombinasikan dengan lainya seperti nasi goreng sosis, nasi goreng spesial sosis, tumis sayuran spesial, bisa di kombinasikan dengan ayam bakar, ayam panggang, berbagai resep masakan mulai dari resep masakan sederhana, resep masakan praktis dan tentunya masih banyak lagi.  Jika Anda tertarik dalam membuat, berikut sosis ayam resep yang Anda dapat mencoba di rumah.

Bahan-bahan sosis ayam:


  • daging ayam cincang, 600 gram
  • Es serut, 150 gram
  • Tepung Tapioka, 4 sendok makanGaram secukupnyaGula untuk dicicipmerica bubuk, 1 sendok tehbubuk bawang putih, 1 sendok teh
  • Putih telur, 1 butir telur
  • Air, 2 liter, untuk merebus Khusus sosis plastik (casing), untuk rasaAir es, selera (untuk merendam) 

Cara Membuat sosis ayam


  1. Campur daging ayam yang telah di cincang dan beberapa es, haluskan dalam food processor (blender) sampai halus.
  2. Campur sosis(daging cincang ayam) dan bahan-bahan lainnya, aduk rata.
  3. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga.
  4. Semprot sosis adonan menjadi casing hinggga adonan habis. Ikat bagian benang ujung casing, kemudian mengikatnya kembali setiap 10 cm (opsional) dari akhir ujung plastik
  5. Rebus / kukus sosis sampai matang. Angkat dan dimasukkan ke dalam air es. Tiriskan sosis dan lepas benang ikatantadi ta bisa juga kalian potong saja
  6. Ayam sosis siap untuk digunakan.

 Tips Buat Sosis Ayam:


  • Jika Anda ingin sosis ayam lebih kenyal, tambahkan saja phosmix MP. Salah satu resep di atas, Anda cukup menambahkan 1 sendok teh.
  • Sehingga sosis yang lezat, ayam gilingnya dibuat dari daging dicampur dengan kulit.
  • mengikat plastik hars benar-benar kuat, di takutkan ambyar/ adonan keluar, sehingga air rebusan tidak termasuk dalam plastik isi  adonan.

Selamat Mencoba                                By foodnusantara.eu.org


Baca juga: Ayam bumbu rujak 

Sosis Ayam

Sosis ayam awalnya buat cadangan bahan masakan saya, karena pagi-pagi harus berangkat kerja dan juga menyiapkan sarapan buat keluarga, dan tentunya saya juga hhars membuat bekal si buah hati. tapi sekarang sudah menemukan solsinya makanan yang bergizi dan tidak susah mengkombinasikan dengan bahan lainya aar si buah hati tidak bosan dan akhirnya sosis ayam  termasuk salah satu lauk favorit anak-anak karena bentuk saya cetak dengan variasi dan rasanya memang menarik. Makanan ini biasanya di olah menjadi campuran sup, nasi goreng, roti, atau di bakar atau di panggang.
Resep sosis ayam, cara membuat sosis ayam, cara buat sosis daging cincang, daging cincang instan
Sosis Ayam

Sosis ayam sangat mudah mendapatkanya karna banyak yang menjal tapi lama-lama penasaran juga bagaimana cara buat sosis ayam. hitung-hitung buat mengisi wakt libur kerja dan tentunya saja lebih irit kalau buat sosis ayam di rumah. akhirnya saya browsing sosis ayam, cara membat sosis ayam, cara buat sosis ayam, bahkan saya juga menemukan cara membuat sosis sayur dan cara membat sosis tahu dan ini bisa di buat refrensi saya
Bagaimana cara membuat sosis ayam di rumah yang enak? Berikut ini kami sajikan resepnya yang paling mudah untuk Anda.

Bahan-bahan sosis ayam:


  1. 1000 gram daging ayam
  2. 300 gram tepung tapioka/sagu
  3. 200 gram es batu
  4. 100 gram tepung terigu
  5. 12 siung bawang merah
  6. 6  siung bawang putih
  7. 2 butir telur
  8. 2 sendok teh merica halus
  9. garam dan gula pasir secukupnya saja
  10. Selubung (casing) sosis halal di gunakan membungkus adonan daging cincang
  11. piping bag (plastik segitiga) beli seperlunya saja

Cara Membuat Sosis Ayam di rumah:


  • Haluskan daging ayam kalian bisa bawa ke penggilingan 
  • bisa juga kalian menghaluskan menggunakan food processor atau blender. jika dengan ini maka ketika daging di masukan tambahkan bawang merah, bawang putih, telur, dan eses terakhir. 
  • Daging yang sudah di campur tadi dengan langkah no.2 maka campurkan dengan tepung terigu, sagu, merica, jangan lupa tambahkan garam dan gula pasir. uleni atau aduk sampai benar-benar rata dan bumbu tercampur.
  • siapkan piping bag, masukkan adonan sosis ke dalam piping bag yg telah di sediakan, kemudian gunting bagian ujungnya bawa piping bag, atasnya ikat dengan kencang/kuat.
  • Sediakan gunting, Gunting casing sosis sepanjang 30 cm agar mudah diisi, kemudian salah satu ujungnya di ikat dengan kuat. Isikan sosis kedalam casing menggunakan piping bag tadi.
  • Jika seluruh bagian casing sudah penuh dengan adonan, keluarkan udara supaya membuat sosis beronggakarena ada udara di lamanya dan ikat juga ujung satunya lagi.
  • Ikat sosis dengan panjang 3 cm/5 cm/ 7 cm (ini tergantung sesuai selera kalian). 
  • Siapkan panci besar, Didihkan air di panci besar, Masukkan sosis dan diamkan sampai mengapung.
  • Jika sudah mengapung berarti tanda sosis matang, jika sudah mengapung angkat sosis lalu rendam di dalam air es. sosis siap di olah jadi makanan enak, bisa di goreng atau bisa di jadikan toping nasi goreng atau soto ayam atau di masukan dalam maskan sederhana laniya.
Selamat mencoba                         By Foodnusantara.eu.org
LihatTutupKomentar
Cancel

jadilah pembaca pintar