Resep sambal ayam geprek spesial sambal bajak

Sambal bajak

Sambal ayam geprek menemani menu foodnusantara tentang resep sambal ya moms. Kalau kalian yang suka makan Ayam geprek pasti tau donk sambal satu ini yang akan kita buat, seringnya jika kita makan di resto lesehan akan merasakn kenikmatan tersendiri, tetapi jika kita membuatnya akan terasa sangat berbeda, mungkin kalian perlu mencoba dari foodnusantara tentang resep sambal. kali ini foodnusantara membuat sambal geprek tapi lebih mirip dengan sambal bajak. akan tetapi tidak memakai terasi, karena di rasa memanag tidak ada dalam resep, dan juga memang tidak suka dengan bau dari trasi tersebut.

Resep sambal ayam geprek spesial sambal bajak
Sambal bajak

Ayam geprek memang identik dengan resep sambal ayam geprek,tetapi kita akan membat terasa berbeda, sambal bajak. walau dalam realitanya kita sering makan ayam geprek dengan sambal lainya, misal yang tidak suka pedas akan makan ayam geprek dengan sambal tomat atau sambal hijau atau lainya. so, pilihan ada pada diri kalian ya moms.

Bahan Sambal

  • 6 buah cabai merah besar
  • 7 buah cabai merah keriting
  • 15 buah cabai rawit merah
  • 8 butir bawang merah
  • 3 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas, gepprek dengan tumbukan, bisa apa saja bisa muntu atau lainya
  • 2 batang serai, gunakan bagian warna batang serai atau bagian bawa serai, geprek dengan tumbukan
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sdt gula merah
  • 1 sendok makan air asam (larutkan air asam, saapakai air asam jawa, spaya menambah kesegaran pada sambal)
  • 4 sendok makan minyak

Cara membuat sambal

  1. Masukkan semua cabai baik itu cabai merah besar, cabe merah keriting, cabe setan/cabai rawit merah, bawang merah, ke dalam cobek, di usahakan jangan pakai blender atau mesin sejenisnya. Ulek-ulek hingga halus baan tadi.
  2. Siapkan wajan/teflon, tuangkan minyak Panaskan minyak di dalam wajan/teflon 
  3. Tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan(3 daun salam, lengkuas, dan batang serai). Tumis sampai mncul bau harum.
  4. Tambahkan garam dan gula merah kedalamnya, Adk-aduk hingga bercampur rata semua bahan dan bumbu.
  5. Finishing, masukan air asam kedalam bahan dan bumbu tadi dan masak dengan api sangat kecil, diamkan, tunggu hingga airnya habis dan menyisakan seperti minyak saja.
  6. Angkat jika sudah di rasa matang
  7. Tempatkan ke dalam mangkuk kecil atau tempat khsus untuk sambal

Bagaimana moms sambal ayam geprek yang berasa sambal bajak? tentnya terasa lebih nikmat ya moms kalian mencicipinya. di tamba ada perasan air asam jawa yang semakin menamba gerrr rasanya. so, langsng saja bat di rmah menjadi sambal momemade moms, sekarang harga cabai ata harga cabe sedang mrah kok. har ini (27/08/2020) harga cabai rawit dan harga aneka cabai masih mrah dan baran di bat nanti di simpan ya moms, buat persediaan tentunya.

Resep sambal ayam geprek spesial sambal bajak
Sambal ayam geprek
Ini foto original dari pendamping dari aam bakar atau ayam gorneg buat kalian yang doayan banget sama pedas. dah pada ngiler kan lihat merahnya cabai rawit atau cabe setan kala kebanyakan orang menyebt namnaya. Buruan buat ya moms

So, selamat mencoba ya mom sambal ayam geprek buatan foodnsantara yang hampir mirip dengan sambal bajak.


LihatTutupKomentar
Cancel

jadilah pembaca pintar